Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat memang tidak mudah untuk dilakukan karena pada saat jerawat yang sempat muncul pada wajah Anda berubah menjadi bekas jerawat maka bekas jerawat itu tidak akan hanya sekedar menjadi bekas saja namun bisa menjadi noda di wajah Anda yang sangat susah untuk dihilangkan.

Bahkan ada beberapa kasus dimana bekas jerawat yang ada pada wajahnya justru semakin membesar seiring berjalannya waktu, sehingga lama kelamaan bekas jerawat itu akan menjadi flek yang ketika Anda sudah berusia lanjut nanti tentunya akan membuat wajah Anda tidak terlihat bersih dan berbintik.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Meski sudah berusia lanjut namun tentunya jika Anda tetap menjaga wajah Anda bersih maka hal itu adalah hal yang sangat membahagiakan bagi Anda bukan? Maka dari itu jika Anda melihat ada bekas jerawat setelah jerawat Anda hilang maka Anda harus segera mengatasinya dengan cara menghilangkan bekas jerawat sampai tuntas.

Sebenarnya cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa mudah saja kita lakukan, tidak perlu melakukan berbagai tindakan yang rumit sampai pergi ke dokter kulit dan sebagainya yang membutuhkan biaya yang besar, sebaiknya jika memang bekas jerawat itu masih bisa Anda atasi sendiri maka Anda tentunya lebih baik melakukan cara menghilangkan bekas jerawat itu.

Bukan hanya masalah biaya saja namun sebenarnya di sekitar Anda pun ada banyak sekali bahan alami yang bisa membantu Anda dalam cara menghilangkan bekas jerawatdengan tuntas namun karena selama ini Anda tidak begitu tahu mengenai hal itu maka akhirnya bahan yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat itu sama sekali tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda.

Jerawat atau dalam istilah medis dikenal dengan acne vulgaris merupakan benjolan pada wajah yang disebabkan karena penyumbatan pori-pori atau peradangan kulit yang disertai benjolan nanah atau darah.

Sering kali keberadaan jerawat sangat mengganggu, karena akan mempengaruhi penampilan. Apalagi jika jerawat meninggalkan bekas, tentunya akan sangat mengganggu. Bekas jerawat biasnya akan sulit dihilangkan, apalagi jika jerawat yang tumbuh pada wajah anda di pencet tentunya akan menyebabkan bekas yang sangat sulit dihilangkan, atau bahkan tidak bisa dihilangkan. Sehingga sangat tidak dianjurkan jika jerawat di pencet, karena akan menyebabkan iritasi kulit yang menyebabkan bekas jerawat sulit dihilangkan.

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat yang ditempuh oleh banyak orang, entah dengan cara modern maupun cara tradisional. Meskipun biayanya mahal, terkadang orang memilih cara modern untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu dengan cara laser atau cara lainnya dengan alat modern.

Namun jika menggunakan cara modern untuk menghilangkan bekas jerawat dengan pergi ke klinik kecantikan atau salon kecantikan, tentunya akan menggunakan alat canggih dan biaya yang harus anda keluarkan pun akan sangat mahal. Apalagi terkadang cara yang dilakukan tak sesuai dengan kulit anda karena kulit anda sangat sensitif, tentunya cara ini akan menimbulkan efek samping, bukanya menghilangkan bekas jerawat tetapi memperburuk wajah anda.

Padahal, ada cara menghilangkan bekas jerawat yang sangat mudah dan murah, yaitu dengan cara tradisional. Cara menghilangkan bekas jerawat secara tradisional adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda. Hanya dengan melakukan perawatan sendiri secara rutin maka bekas jerawat akan dapat dihilangkan, dan cara tradisional ini tidak akan memberikan efek samping, karena menggunakan bahan-bahan yang aman.

Agar lebih jelas, simak penjelasan cara menghilangkan bekas jerawat secara tradisional dengan bahan yang aman berikut ini:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dengan Bahan Yang Aman:

Lemon

air lemon untuk wajah

Kandungan vitamin C pada lemon sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Selain itu kandungan kolagen pada lemon, berfungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah terutama bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon sangat mudah, yaitu dengan:

Simak juga: Manfaat Jeruk Nipis

– Siapkan 1 buah lemon, kemudian belah menjadi dua bagian
– Peras lemon tersebut hingga mengeluarkan air yang banyak
– Oleskan perasan lemon pada bekas jerawat di wajah
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih

Terkadang, lemon memberikan reaksi yang perih di wajah, namun ini tidak apa-apa, karena dengan secara rutin menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon seminggu 3 kali maka bekas jerawat akan hilang. Dan jika penggunaan lemon menimbulkan reaksi seperti wajah memerah maka hentikan cara ini.

Menggunakan Kulit Jeruk

kulit jeruk untuk wajah

Jeruk memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Dengan kandungan asam alpha hidroki, jeruk bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat karena kotoran dan debu.

Selain itu kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada bagian buahnya, sehingga dengan banyaknya kandungan vitamin C pada kulit jeruk ini, sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu kulit jeruk akan sangat efektif untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, terutama bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kulit jeruk yaitu dengan:

– Keringkan kulit jeruk dengan sinar matahari hingga benar-benar kering
– Setelah kering, ditumbuk hingga halus seperti bubuk
– Campurkan bubuk kulit jeruk dengan sedikit air, kemudian aduk hingga menjadi pasta
– Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah terutama pada bagian yang ada bekas jerawatnya
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Selain menghilangkan bekas jerawat, kulit jeruk juga akan memutihkan wajah. Sehingga bukan hanya bekas jerawat saja yang akan bersih, namun wajah anda juga akan putih alami. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat secara rutin seminggu 3 kali, maka hasilnya akan maksimal.

Menggunakan Madu

madu untuk wajah

Madu memang memiliki fungsi yang sangat banyak. Bisa dimanfaatkan sebagai obat dalam maupun obat luar. Namun tentunya untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal maka Anda harus menggunakan madu alami yang pada saat ini memang sangat susah untuk ditemukan karena banyaknya orang yang ingin mendapatkan madu alami yang membuat harganya pun melambung tinggi.

Jika Anda ingin menggunakan madu untuk cara menghilangkan bekas jerawat maka ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab madu memiliki sifat anti septik yang bisa membantu kulit wajah Anda untuk menghilangkan peradangan yang terjadi karena adanya jerawat dan bekas jerawat di wajah Anda yang kemudian akan menghilang setelah penggunaan madu.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu yaitu dengan mengoleskan secara langsung pada wajah, terutama pada bagian bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Dengan melakukan treatment cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu secara rutin setiap hari sekali, maka bekas jerawat akan hilang serta dapat memutihkan wajah secara alami. Lebih baiknya lagi, madu cocok untuk semua jenis kulit, sehingga bagi yang memiliki kulit sensitif, tetap bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menggunakan Es Batu

Menghilankan Jerawat Dengan Es Batu

Bahan ini adalah salah satu bahan yang paling mudah dan paling murah yang bisa Anda gunakan dalam cara menghilangkan bekas jerawat. Karena tentunya kebanyakan rumah tangga di Indonesia memiliki kulkas yang bisa membantu Anda untuk membuat es batu sendiri.

Anda bisa membuat es batu dari air bersih untuk membantu menghilangkan bekas jerawat atau dengan menggunakan air yang telah direndam dengan teh hijau untuk dibuat menjadi es batu. Air biasa yang dijadikan es batu memang bisa sangat membantu dalam menenangkan kulit yang meradang karena adanya jerawat namun jika Anda menambahkan rendaman teh hijau dalam es batu yang Anda buat tersebut maka khasiatnya akan menjadi lebih baik bagi Anda.

Es batu tidak hanya menyegarkan dahaga saja, melainkan juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menempelkan es batu secara langsung pada wajah yang terdapat bekas jerawat selama 5 menit maka bekas jerawat akan hilang. Es batu akan berguna untuk membantu mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat, serta dapat menghilangkan noda bekas jerawatnya.

Dengan bahan-bahan yang ada di sekitar anda, tentunya cara menghilangkan bekas jerawat ini akan sangat mudah dan murah. Apalagi tak akan memberikan efek samping yang akan memperburuk keadaan wajah anda.

Lidah buaya

lidah buaya untuk wajah

Kandungan aloesin pada lidah buaya bergunauntuk menghambat pembentukan melanin yang menjadi penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Sehingga lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yaitu dengan:

– Siapkan 1 batang lidah buaya
– Pisahkan gelnya dari kulit dan dagingnya
– Oleskan gel lidah buaya pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Dengan melakukan treatment ini sehari dua kali selama sebulan, maka bekas jerawat pada wajah anda akan cepat hilang. Dalam lidah buaya juga mengandung senyawa yang mampu merangsang regenerasi sel kulit baru, sehingga bekas noda hitam akan cepat dihilangkan.

Bawang putih

bawang putih untuk wajah
Imge by: cantikaku.com

Bawang putih memiliki kandungan yang kaya manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan senyawa alicin dalam bawang putih mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, dalam bawang putih juga terdapat thiacermonon yang berguna untuk membantu mempercepat proses pengeringan jerawat.

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan mudah. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bawang putih yaitu dengan:

– Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubur
– Oleskan bubur bawang putih pada wajah yang terdapat bekas jerawat
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih

Lakukan treatment ini secara rutin setiap hari satu kali maka bekas jerawat akan hilang. Agar hasilnya lebih maksimal, maka anda bisa menambahkan bubur bawang putih dengan cuka sari apel.

Cuka Sari Apel

apel

Senyawa yang terkandung dalam cuka sari apel sengat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat, karena cuka sari apel dapat mengatur tingkat keasaman atau pH kulit, sehingga dapat mengatasi peradangan akibat jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka sari apel yaitu:

– Siapkan 5 ml cuka sari apel
– Tambahkan dengan 95 ml air
– Oleskan campuran tersebut pada wajah secara rata terutama bagian bekas jerawat, dengan menggunakan kapas
– Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat

Agar hasilnya lebih efektif, lakukan treatment ini sebelum tidur, kemudian dibilas ketika bangun tidur. Jika cara ini dilakukan secara rutin setiap hari maka bekas jerawat akan hilang, serta wajah anda akan tampak putih alami.

Pepaya

pepaya untuk wajah
Imeg by: cleanandclear

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat yang banyak. Salah satunya adalah bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan enzim papain pada pepaya berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan kandungan vitamin dan antikosidan dalam pepaya juga berguna untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh jerawat serta dapat menghilangkan bekas jerawat. Cara mengaplikasikan pepaya untuk kecantikan wajah yaitu dengan:

– Siapkan sebagian buah pepaya secukupnya
– Bersihkan daging buah pepaya dari kulitnya, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubur
– Oleskan bubur pepaya tersebut pada wajah secara rata
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat

Jangan terlalu lama menggunakan masker pepaya pada wajah anda, karena jika terlalu lama akan menimbulkan kemerahan pada wajah anda. Hanya dengan 10 menit saja sudah cukup.

Gula pasir

gula pasir untuk wajah

Gula pasir murni memiliki senyawa yang berfungsi sebagai antiseptik yang berperan penting untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga bekas jerawat akan dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan gula pasir. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan gula pasir yaitu dengan:

– Campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan 1 sendok makan minyak zaitu
– Aduk hingga secara rata hingga terbentuk pasta
– Oleskan pasta tersebut pada wajah sambil dipijat
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat

Jika anda sulit menemukan minyak zaitun, maka anda bisa dengan menggunakan air hangat untuk membuat pasta gula pasir. Lakukan cara menghilangkan jerawat dengan gula pasir secara rutin setiap hari sekali maka bekas jerawat akan hilang dari wajah anda.

Masker Madu dan Alpukat

masker alpukat

Perpaduan antara madu dan alpukat adalah kombinasi yang sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena alpukat memiliki nutrisi yang sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menjadi penyebab kekusaman wajah serta penyebab timbulnya jerawat. Sedangkan madu berfungsi sebagai antiseptik untuk mengangkat sel kulit mati, serta membantu regenerasi sel kulit baru.

Sehingga campuran alpukat dan madu akan sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat, serta dapat mencerahkan kulit agar tampak putih alami. Cara membuat masker madu dan alpukat yang diaplikasikan pada wajah yaitu:

– Siapkan 1 sendok daging buah alpukat
– Campurkan dengan 1 sendok madu
– Aduk secara rata hingga terbentuk pasta
– Oleskan pasta pada wajah secara rata
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Lakukan perawatan cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker alpukat dan madu ini secara rutin 3 kali dalam seminggu maka wajah anda akan tampak putih alami serta terbebas dari noda bekas jerawat.

Baking Soda

baking soda

Kebanyakan orang pasti akan mengenal baking soda si pengembang kue. Namun, siapa sangka rupanya baking soda juga memiliki seribu manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kecantikan wajah. Tak hanya mampu dapat memutihkan gigi dan menghilangkan jerawat saja, namun rupanya baking soda juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu.

Memang, jerawat merupakan sebuah masalah wajah yang bisa dibilang cukuop kompleks. Tak hanya menyebabkan rasa sakit dan mengganggu penampilan pada saat meradang, namun rupanya jerawat juga akan meninggalkan bekas seperti flek hitam yang tentunya akan membuat kecantikan wajah Anda menjadi berkurang.

Namun, hanya dengan menggunakan baking soda, Anda sudah bisa menghilangkan bekas jerawat dengan sangat mudah dan ampuh. Cara penggunaannya pun cukup mudah, berikut ini cara menggunakan baking soda sebagai penghilang bekas jerawat.

– Ambil dua sendok baking soda kemudian masukkan ke sebuah wadah
– Tambahkan dua sendok teh air
– Aduk hingga rata dan membentuk pasta
– Gunakan pasta baking soda untuk menggosok wajah terutama pada bekas jerawat.
– Gosok wajah dengan gerakan melingkar.
– Lakukan cara tersebut selama dua menit
– Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih

Baking soda memiliki fungsi dapat mengelupaskan kulit mati dan membantu mengurangi bekas jerawat yang ada di wajah Anda. Walaupun bisa dibilang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat, namun terkadang pada beberapa orang hal ini bisa kurang efektif. Oleh karena itu hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi atau tidak ada perubahan.

Kayu Cendana

kayu cendana

Kayu cendana rupanya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia, salah satunya sebagai bahan untuk merawat kecantikan tubuh. Kayu cendana ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yang susah hilang dan bahkan membuat Anda tidak percaya diri.

Kayu cendana rupanya dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat mampu menyembuhkan kulit dengan sangat baik. Untuk merawat kecantikan wajah Anda dengan menggunakan kayu cendana yang satu ini, Anda hanya cukup menggunakannya sebagai masker. Lalu, bagaimana cara membuat masker wajah penghilang bekas jerawat dengan menggunakan kayu cendana? Berikut ulasannya untuk Anda.

– Pertama, siapkan satu sendok kayu cendana yang telah dihaluskan menjadi bubuk
– Tambahkan beberapa tetes air mawar (Anda bisa menggantikan air mawar dengan menggunakan madu ataupun susu)
– Haluskan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta
– Oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat
– Diamkan masker tersebut selama kurang lebih setengah jam
– Lalu, bilas dengan menggunakan air yang bersih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin masker kayu cendana agar wajah Anda tampak lebih bersih dan bersinar.

Pasta Gigi

pasta gigi utnuk untuk wajah

Pasta gigi rupanya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini karena pasta gigi mengandung triclosan, fluoride serta hydrogen peroksida yang rupanya juga mampu untuk mengurangi peradangan akibat jerawat, mencegah iritasi kulit serta mengeringkan jerawat. Cara menggunakan pasta gigi sebagai penghilang bekas jerawat pun sangat mudah untuk dilakukan, baca juga, cara memutihkan gigi.

– Aplikasikan secara langsung pasta gigi ke bagian bekas jerawat.
– Hindari untuk menggunakan jerawat pada seluruh area wajah
– Biarkan pasta gigi selama 2 jam atau semalaman
– Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan

Pasta gigi memang terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat, namun apabila Anda memiliki wajah yang sensitive sangat dilarang untuk menggunakan pasta gigi sebagai penghilang bekas jerawat. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride lebih rendah atau pasta gigi organic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Pemesanan Atau Konsultasi, Klik Tombol dibawah: